PENERIMAAN , PENYIMPANA N, SERTA PENYALURAN SARPRAS KANTOR
PENERIMAAN , PENYIMPANA N, SERTA PENYALURAN SARPRAS KANTOR
Pemahaman Penerimaan
Sarana Kantor
Pemahaman Penerimaan Barang adalah menerima fisik barang dari
pabrik, prinsipal atakudistributor yang disesuaikan dengan dokumen pemesanan
dan pengiriman dan dalamkondisiyang sesuai dengan persyaratan penanganan
barangnya. Didalam aktifitas penerimaan barangini terdapat 3 poin penting
yangtidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya:
1.Fisik barang yang dite rim a
2. Dokumentasi
3.Cara menghilangkan bau mulut
1.Fisik Barang Yang Diteri ma
Adalah bentuk fisik barang yang harus dapat dirasa, dilihat atau
dilihat langsung. Penerimaanyang bukan
berupa barang fisik dapat menyebabkan perbedaan proses dan hasil yang akan
terjadidicapai. Pada umumnya hasilnya negatif. Jika ada penerimaan tanpa
harus ditanganifisik barangnya, maka perlu dilakukan proses tambahan untuk
memastikan keabsahan proses tsb.Prinsip penerimaan barang adalah menerima FISIK BARANG secara
langsung. Bukan hanya DOKUMENnya saja.Secara fisik, barang dapat dilihat,
diraba atau dirasa dan dapat dibandingkan dengan dokumen pengantar.Pengecekan acak atau keseluruhan kondisi isi
kemasan,Tanggal Kadaluarsa barang, nomor batch, Kuantitas barang VS dokumen
2. Dokumentasi
Dokumen pemesanan; barang diterima berdasarkan adanya dokumen yang
mendasarinya berapa barang yang harus diterima, jenis barangnya apa
danuntuk memastikan bahwa barang yang diterima sama dengan barang yang diterima. Dokumen
adalah pendamping barang yang secara fisaku bisa baca dan cocokdengan barang
yang dikirimkan.
Dokumen yang diperlukan dokumen minimal pengiriman (DN (Delivery
Note), DO(Delivery Order), Packing List atau Surat Jalan). Akan lebih baik jika dokumen
Pemesanan (PO-Purchase Order) dilampirkan juga.
3.Cara Penanganan Barang
Spesifikasi penanganannya; kondisi khusus yang harus disiapkan
pada saat barang tsb diterima. khusus disebabkan oleh faktor beratnya, tingkat kesulitannya atau
masalah lainnya. Pahami aturan keselamatannyaTahapan Penerimaan Barang:
1. Masuk gudang.
2. Parkir dan antri.
3. Bongkar muat di dok pemuatan
.4. Penyusunan barang bongkaran.
5. Pengecekan barang vs dokumen.
6. Pemasukan data ke dalam sistem
7. Legitimasi dokumen.
8. Keluar gudang.
Penyimpanan
Penyimpanan adalah kegiatan
yang dilakukan oleh satuan kerja atau petugasgudang untuk menampung hasil
pengadaan barang/bahan kantor, baik berasal dari pembelian, instansi lain, atau yang diperoleh dari
bantuan .Tujuan penyimpanan barang/bahan kantor antara lain:
1.Agar barang tidak cepat rusak
2.Agar tidak terjadi kehilangan barang
3.Agar tersususn cepat sehingga mudah ditemukan apabila berang tersebut dicari
4.Disediakan dalam pengawasan
5.Memudahkan dalam analisis barang
Hal-hal yang harus diperhatikan dalampenyimpanan barang/bahan
kantor
1.Persediaan alat-alat pemeliharaan yang diperlukan
2.Pergudangan yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan
3.Sifat barang yang disimpan
4.Sarana penyimpanan dan pemeliharaan
5.Prosedur dan tata kerja
6.Biaya yang disediakanNomor telepon
7.Tenaga yang dibutuhkan
8.Jangka waktu penyimpanan
Cara penyimpanan barang/bahan kantor
1.Barang yang disimpan berdasarkanka klasifikasi (jenis, berat, merk, dan satuan barang)
2.Barang yang disimpan dalam keadaan bersih
3.Barang yang disimpan dalam ruangan yang cukup luas
4.Barang yang disimpan di tempat yang memadai
5.Barang yang disimpan rapi dengan kode yang telah ditentukan agar mudah dicari
6.Barang yang disimpan harus terhindar dari sengatan matahari atau udara
7.Barang yang disimpan diruangan yang dapat dikunci
8.Barang yan disimpan harus sudah dihitung dan dicatat dalam buku persediaanNomor 9.Barang yang biasanya dikeluarkan lebih cepat
sebaik nya diletakan dibagianterdepan, sebaliknya barang yang
dikeluarka lebih lama disimpan lebih dalam.
Penyaluran
Kegiatan penyaluran barang meliputi tiga bagian yaitu :
1.Penyusun AlokasiUntuk
menghindari pemborosan dalam Pembagian/pendistribusian barangsehingga
merata dan seimbang dengan kebutuhan pemakainya masing-masing, maka perlu disusun alokasi kuantitas dan frekuensi pendistribusiannya,sehinggasungguh-sungguh
dapat menunjang kegiatan prosesonal
2. Pengiriman Barang Pengi riman barangdaripusat- pusat
penyaluran barangperlu diperhatikan kan beberapa hal sebagai berikut : cara pengiriman,
pengemasan, pemuatan, pengangkutdan turung.
3.Penyerahan Barang Dalam menyerahkan barang hendaknya tidak dilupakan untuk mengisi daftar mengajukan barang,surat pengantar,faktur,tanda terima peyerahan barang,biaya pengiriman dan sebagainya
Comments
Post a Comment